Friday, November 4, 2016

Rasa Sakit Pada Payudara Bukan Selalu Kanker! Kenali Dengan Baik

Apakah anda sering merasakan nyeri pada payudara atau sekitar payudara anda? 8 dari 10 wanita Indonesia sering merasakan nyeri atau sakit disekitar payudara mereka. Namun, tenang saja. Rasa nyeri tersebut tidak selalu karena kanker. Nyeri tersebut biasanya dikarenakan kondisi tubuh tertentu yang dialami oleh wanita. Penting bagi wanita untuk memahami kondisi tubuh tertentu tersebut, agar kita tidak panik, dan dapat melakukan penanganan yang aman.

Nyeri payudara siklik
Nyeri payudara siklik ini biasanya menyerang perempuan sebelum atau ketika sedang menstruasi. Pada umumnya, 3 hari sebelum perempuan mengalami menstruasi. Nyeri ini diakibatkan oleh kelenjar payudara yang membesar dikarenakanketidak seimbangan hormone dalam tubuh.

Masitis
Mastitis merupakan kondisi nyeri pada payudara yang dialami oleh wanita, pada umumnya, mereka mengalami mastitis karena peradangan kelenjar payudara. peradangan ini biasanya terjadi saat wanita sedang menyusui. Bisa dibilang, peradangan ini disebabkan oleh banyaknya ASI yang terkandung dalam payudara wanita.

Benjolan pada payudara
Tidak semua penjolan pada payudara merupakan kanker. Kenali benjolan yang berindikasi gejala kanker disini. Justru benjolan yang tidak dibarengi rasa nyeri lah yang mengindikasikan kanker. Jika anda menekan benjolan ini, anda merasakan nyeri itu artinya terjadi pembengkakan dalam jaringan. Faktor pemicunya biasanya bersifat hormonal. Namun berhati-hatilah jika benjolan ersebut tidak dibarengi nyeri, dan apabila ditekan, putting akan mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau. Itu adalah gejala kanker payudara awal. Segera periksakan ke dokter.

Abses pada payudara
Abses pada payudara merupakan nyeri pada payudara yang disebabkan oleh terbentuknya gumpalan nanah dalam payudara. Abses tidak selalu disebabkan oleh kanker. Namun kanker payudara yang telah kronis bisa mengakibatkan payudara bernanah. Apabila anda mengalami ini, periksakan ke dokter. Biasanya payudara mengalami abses karena adanya infeksi.

Cedera bagian tubuh lain
Cedera yang terjadi pada otot sekitar payudara (dada, perut atas dan bahu) bisa menimbulkan nyeri pada payudara.

Obat-obatan
Jika anda sedang dalam pengobatan, atau therapy yang mengharuskan anda mengonsumsi obat setiap harinya, bisa jadi nyeri yang anda alami pada bagian payudara merupakan efeksamping dari obat-obatan tersebut. Obat-obatan yang biasanya mengakibatkan rasa nyeri pada payudara, pada umumnya adalah obat antijamur, antidepresan, dan antipsikotik.

Payudara berukuran besar
Payudara berukuran besar memang indah, namun tidak jarang menimbulkan masalah. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, cedera otot sekitar dada biasanya akan mengakibatkan nyeri pada payudara. apabila wanita memiliki payudara yang terlalu besar, mereka akan lebih sering mengalami cedera otot sekitar payudara, sehinggi ini akan berimplikasi rasa nyeri pada payudara.

Ketidak seimbangan asam lemak
Ketidak seimbangan asam lemak akan mengakibatkan proses sirkulasi hormone yang tidak seimbang. Hal ini mengakibatkan rasa nyeri pada payudara.

Dari kesemua sebab nyeri pada payudara diatas, nyeri yang diakibatkan oleh operasi atau pemasangan implan adalah nyeri yang paling berbahaya. Karena nyeri yang ditimbulkan disini bisa jadi disebabkan oleh komplikasi yang menjadi efek samping operasi atau pemasangan implan tersebut. Sehingga anda harus menjalani perawatan intensif untuk mendeteksi penyebab pastinya terlebih dahulu. Biasanya nyeri ini diakibatkan oleh kantung implant yang pecah, kemudian cairan didalam implan tersebut mengontaminasi payudara anda, sehingga meninbulkan infeksi, ketidak seimbangan hormone, bahkan cairan yang mengandung zat kimia tersebut berpotensi memicu sel kanker.

Oleh karena itu, jika anda ingin mempercantik payudara anda, lakukan cara mengencangkan payudara yang aman. Cara mengencangkan payudara dengan operasi bukanlah hal yang patut dicoba, karena beresiko sangat fatal yang mengganggu kesehatan anda.


Anda bisa menggunakan produk kecantikan herbal (alami) yang sudah teruji secara klinis dan terbukti efektif. Selain itu, anda juga bisa berolah raga untuk menghindari cedera otot sekitar payudara. Adapun untuk mengatasi masalah hormonal, lakukan diet makanan yang mempengaruhi produksi hormone. Dan, jika anda merasakan sakit pada payudara anda yang merupakan nyeri payudara siklik, anda bisa menggunakan obat penahan rasa sakit dengan dosis yang seimbang.

No comments:

Post a Comment